Mengapa Ibu Selalu Suruh Saya Menyiram Bunga?

Oleh: Wardono Niloperbowo (Pakar Bioproses)

Adik-adik mesti bersyukur karena mempunyai Ibu yang sangat mulia. Dengan menyuruh menyiram bunga (tumbuhan) Ibu mengajarkan kepada adik-adik untuk menjaga dan berkasih sayang kepada makhluk hidup. Menyiram akan membuat tumbuhan tetap hidup dan pada suatu saat ia akan membalas budi baik adik-adik dengan berbunga, berdaun indah atau berbuah.

Tetapi, mengapa dengan menyirami tanaman kita bisa menjaga tanaman tersebut tetap hidup, bahkan tumbuh dan berkembang?

Air merupakan zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan semua makhluk hidup lainnya. Air mempunyai banyak fungsi penting pada tubuh makhluk hidup. Sebagai contoh, air berfungsi sebagai tempat bagi banyak reaksi kimia. Jadi, jika kandungan air di dalam tubuh berkurang, maka reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu dan mengakibatkan sakit, bahkan terhenti dan menyebabkan kematian. Dengan menyirami tumbuhan, maka adik-adik menyediakan air di dalam tanah sehingga dapat diserap oleh tumbuhan dan digunakan untuk mempertahankan kadar air di dalam tumbuhnya.

Selain itu, tumbuhan, seperti juga makhluk hidup lainnya, membutuhkan “makanan” untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang. Makanan tumbuhan adalah zat-zat sederhana yang disebut “unsur hara” yang biasanya terdapat di dalam tanah. Agar unsur hara yang terdapat di dalam tanah ini dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan, maka unsur hara tersebut harus terlarut di dalam air. Dengan menyirami tumbuhan, maka adik-adik menambahkan air ke dalam tanah untuk melarutkan unsur hara, sehingga dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan.

Ada banyak lagi fungsi air untuk makhluk hidup. Dapatkah adik-adik menemukan apa sajakah itu? Cobalah cari di dalam buku atau di Internet, adik-adik akan menemukan banyak hal penting tentang air.

Sumber gambar: http://koleksibunga-jojo.blogspot.com

Tulis komentar