Mengapa Hanya Ada Sepuluh Angka?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Ya, mengapa hanya ada sepuluh angka, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9?

Dalam bahasa Inggris, padanan kata angka adalah “digit”, yang berasal dari bahasa Latin “digiti”. Nah, “digiti” berarti “jari tangan”, dan Adik-adik tahu dong bahwa manusia memiliki sepuluh jari tangan, lima jari di tangan kiri dan lima jari di tangan kanan.

10-digit

Kesepuluh angka tadi digunakan untuk menyatakan berbagai bilangan dalam sistem bilangan desimal. Sebagai contoh, 12 menyatakan bilangan dua belas dan 123 menyatakan bilangan seratus dua puluh tiga. (Sebuah bilangan bisa menyatakan banyaknya benda, misalnya banyaknya kelereng atau boneka yang Adik-adik miliki.)

Nah, selain sistem bilangan desimal, sebetulnya dalam matematika (dan juga dalam kehidupan sehari-hari) dikenal sistem bilangan lainnya, misalnya sistem bilangan biner yang hanya menggunakan dua angka, yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner dipakai dalam komputer dan alat-alat elektronika yang berbasis komputer, seperti televisi dan kamera digital, untuk membaca dan mengolah ‘data’ yang disimpan di dalamnya.

Sumber gambar: https://www.reference.com

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar