Mengapa di Indonesia Tidak Ada Musim Dingin yang Bersalju?

Oleh: Zadrach L. Dupe* (Pakar Klimatologi)

Halo Nak! Betul sekali nih di Indonesia tidak terdapat musim dingin yang bersalju. Namun di Indonesia sendiri terdapat tempat yang bersalju, bahkan bersalju sepanjang tahun, yaitu di Pegunungan Jaya Wijaya yang terletak di Provinsi Papua.

Ada tidaknya musim dingin bersalju di suatu wilayah ditentukan oleh letak geografi wilayah tersebut. Biasanya, wilayah yang berada di atas lintang 40o memiliki musim dingin bersalju. Namun demikian bukan berarti di sekitar garis khatulistiwa tidak mungkin terdapat salju. Untuk Indonesia, salju dapat ditemukan di Pegunungan Jaya Wijaya yang memiliki puncak dengan ketinggian 4870 m.

Sumber panas udara adalah permukaan Bumi, bukan Matahari, karena udara adalah pengantar panas yang jelek. Jadi setiap kenaikan 100 meter, maka kita akan merasakan perbedaan suhu lebih rendah sebesar 1o Celsius. Misalkan kita berada di pantai Raja Ampat dengan suhu 30o Celsius, maka di puncak Pegunungan Jaya Wijaya kita akan merasakan suhu udara yang sangat dingin, yaitu sekitar minus 18,7Celsius. Salju sendiri dapat kita temui ditempat yang memiliki suhu di bawah 0o Celsius.

Selanjutnya mengenai salju yang terkait dengan pergantian musim. Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa. Garis khatulistiwa atau kadang dikenal dengan ekuator merupakan suatu garis semu yang membagi dua Bumi sama besar. Bagian utara disebut Belahan Bumi Utara dan bagian selatan disebut Belahan Bumi Selatan. Nah, negara–negara yang terletak antara 23,5o lintang utara dan 23,5o lintang selatan garis ekuator (lihat gambar) akan selalu mendapatkan cahaya Matahari. Tetapi negara–negara yang memiliki lintang lebih besar dari 23,5o lintang utara maupun lintang selatan tidak selalu mendapatkan cukup cahaya Matahari sepanjang tahun.

atlas

Ketika Matahari berada di daerah selatan ekuator, maka negara–negara di utara akan mengalami musim dingin karena tidak mendapatkan cukup cahaya Matahari. Begitu juga sebaliknya ketika Matahari berada di daerah utara ekuator, maka negara–negara di selatan akan mengalami musim dingin. Ketika suhunya sangat rendah, salju pun turun.

Karena letaknya di sekitar ekuator, Indonesia selalu mendapatkan banyak cahaya Matahari. Itulah mengapa di Indonesia tidak terdapat musim dingin yang bersalju. */BH

Sumber gambar: https://bfl-definisi.blogspot.co.id/2017/07/apa-itu-garis-khatulistiwa-ekuator.html

*Zadrach L. Dupe adalah dosen di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung. Bidang kehaliannya adalah klimatologi. Saat ini ia juga tercatat sebagai anggota Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
Website