Mengapa Daun Berwarna Hijau? -II

Oleh: Wardono Niloperbowo* (Pakar Teknik Bioproses)

Jika suatu benda disinari, maka benda tersebut akan menyerap atau memantulkan gelombang cahaya yang menyinarinya. Jika benda tersebut menyerap seluruh gelombang cahaya yang menyinarinya, maka tidak akan ada cahaya yang memantul dari benda, dan hal ini akan menyebabkan benda tersebut terlihat berwarna hitam. Jika benda tersebut memantulkan seluruh gelombang cahaya yang menyinarinya, maka seluruh gelombang cahaya tersebut akan tertangkap oleh mata kita dan benda tersebut akan terlihat berwarna putih.

Nah, daun-daun pada tumbuhan terlihat oleh mata manusia sebagai benda berwarna hijau, karena daun pada umumnya memantulkan cahaya hijau.

daun hijau

Lalu apa sebetulnya yang bertanggung jawab terhadap pantulan warna hijau dari dedaunan? Jawabannya adalah klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi untuk menyerap energi sinar Matahari dan menggunakannya untuk menjalankan berbagai proses metabolisme pada tumbuhan.

Sumber gambar: http://gallery.yopriceville.com/

*Wardono Niloperbowo adalah seorang pakar Teknik Bioproses. Ia mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Peternakan Unpad Bandung dan gelar doktor dalam bidang Teknik Bioproses dari University of Queensland, Australia. Sekarang ia tercatat sebagai dosen di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB Bandung .

Tulis komentar