Mengapa Biola Berbunyi Kalau Digesek? Mengapa Bermain Musik Bisa Bikin Senang?

Oleh: Robi Rusdiana* (Musisi)

Bow adalah nama alat bantu untuk menggesek senar-senar pada biola. Di dalam bow ada serat yang bernama hairbow yang dahulu terbuat dari ekor kuda putih, serat tersebut dilapisi dengan rosin atau harpus yang biasanya terbuat dari getah pohon pinus, membuat bow menjadi sedikit lengket karena partikel atau bagian rosin menempel pada hairbow.

Ada perbedaan tekstur atau bentuk permukaan pada bagian senar biola dengan bow yang menghasilkan gesekan dari kedua benda tersebut sehingga menimbulkan bunyi. Seperti jika kita menggesek-gesekan sepatu di jalan, biasanya menimbulkan bunyi yang cukup keras atau terdengar. Namun jika kita memakai kaos kaki saja tanpa sepatu lalu menggesekan kaki kita di atas kasur, maka suara atau bunyinya sangat halus bahkan tidak terdengar.

Kenapa bermain musik bisa bikin senang, dan mengapa musik enak untuk didengar?

Musik itu ajaib, bisa membuat orang mengalami hal-hal luar biasa dengan bermacam-macam rasa, dari mulai membuat seseorang merasa senang, sedih, marah, pusing, dan perasaan-perasaan aneh lainnya. Pada umumnya musik selalu dapat membuat seseorang senang, terlebih bagi yang memainkannya atau bagi seseorang yang sedang bermain musik, walaupun musik yang dimainkannya mempunyai tema atau bunyi yang terkesan sedih.

Tetapi jika seseorang mendengarkan sebuah musik atau aliran musik tertentu yang tidak ia sukai, tentunya ia tidak akan merasa senang. Itulah selera musik, mirip seperti selera makan atau makanan kesukaan kita. Jika kita suka makan es krim tentunya kita akan senang ketika sedang makan es krim, dan sebaliknya jika kita tidak suka makanan yang pedas, maka kita pun tidak akan menyukainya dan tidak membuat kita senang.

Sumber gambar: http://www.anneahira.com

*Robi Rusdiana meraih gelar Sarjana Seni Musik dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, dan saat ini sedang menempuh program studi magister di Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Bandung.

Tulis komentar