Mengapa Bilangan Pi Sangat Penting?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Adik-adik tahu kan bahwa bilangan π (baca: pi) menyatakan rasio antara keliling lingkaran dan diameternya. Nah, dahulu kala, Archimedes membuktikan bahwa luas lingkaran sama dengan π kali jari-jari kuadrat:

L = πr2.

Jadi, tanpa mengetahui nilai π dengan persis, kita tidak akan bisa mengetahui luas lingkaran dengan persis.

bilangan pi

Sampai sekarang, kita sebetulnya tidak pernah mengetahui nilai π dengan persis, karena ia merupakan bilangan irasional, yang tidak dapat dinyatakan sebagai rasio dua bilangan bulat. Jadi, kita sebetulnya tidak pernah bisa menghitung luas lingkaran dengan persis pula. Untungnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menerima adanya kesalahan dalam perhitungan, asalkan kesalahannya tidak terlalu besar.

Dengan nilai taksiran π ≈ 22/7, Adik-adik dapat menaksir luas lingkaran yang diketahui jari-jarinya. Itu salah satu pentingnya mengetahui bilangan π. Kegunaan lainnya dari bilangan π dapat Adik-adik pelajari kalau Adik-adik sudah besar nanti ya.. :-)

Sumber gambar: https://www.smartickmethod.com/

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar