Mengapa Air Laut Terasa Sepet dan Asin?

Oleh: Bambang Ariwahjoedi (Kimiawan)

Air laut terasa sepet dan asin karena air laut banyak mengandung garam-garam yang terlarut di dalamnya. Kepekatan garam-garam ini mencapai 35 gram per liter. Jadi kalau kalian ambil 1 liter air laut, lalu kalian masukkan ke dalam panci dan panaskan di atas kompor sampai airnya habis menguap, maka akan tertinggal garam sebanyak kurang lebih 35 gram.

Kalau kalian berjalan-jalan di pantai dan kaki kalian basah oleh air laut, setelah airnya mengering kalianpun akan mendapati selain pasir juga garam-garam itu. Sebagian besar garam-garam tersebut adalah natrium klorida dengan rumus kimia NaCl, seperti yang dapat kalian peroleh di dapur.

Dari manakah asal garam-garam tersebut? Ada beberapa sumber garam di laut. Yang terbanyak berasal dari proses-proses reaksi kimia bebatuan di dasar laut, selain juga dari bahan-bahan padatan, cairan dan gas-gas yang keluar dari kawah-kawah gunung berapi di dasar laut. Ingat Gunung Krakatau di Selat Sunda terletak di dasar laut ‘kan?

Sumber garam yang lain yang tidak sebesar dua sumber di atas adalah bahan-bahan yang dikeluarkan oleh makhluk-makhluk hidup di dalam laut dan garam-garam yang terbentuk dari reaksi kimia di udara (atmosfer). Ingat badan kitapun berkeringat dan dalam keringat kitapun terdapat garam-garam, coba sesekali kalian kecapi tetesan keringat kalian — pasti akan terasa asin!

Rasa sepet dan asin adalah ciri khas rasa garam. Rasa yang ditimbulkan ini datang dari ujung-ujung syaraf pengecap yang ada di lidah kita. Ingat salah satu di antara lima pancaindera kita adalah indera pengecap. Ketika ujung-ujung syaraf ini bersentuhan dengan larutan garam tadi, akan ada sinyal khusus rasa asin yang dikirimkan ke otak melalui jaringan syaraf dari lidah ke otak. Bandingkan kalau kalian mengecap gula atau permen, maka pulsa informasi rasa manislah yang terkirim ke otak.

Untuk membuktikan hal tersebut di atas kalian dapat buktikan sebagai berikut: sediakan 2 gelas air. Satu gelas biarkan apa adanya, sementara ke dalam gelas lainnya masukkan 3 sendok makan garam batu atau garam dapur, dan aduklah sampai semua garam itu terlarut. Setelah itu kalian siap untuk mencicipi rasa air minum yang segar dan rasa air minum yang mengandung garam. Selamat mencoba!

Sumber gambar: http://mistersukoco.wordpress.com

2 thoughts on “Mengapa Air Laut Terasa Sepet dan Asin?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
Website