Mengapa Air Laut Selalu Berombak?

Oleh: The Houw Liong (Fisikawan)

Sebagai penduduk negara maritim, kita memang mesti akrab dengan laut. Kamu pasti sering bermain di pantai dan melihat air laut berombak ya? Ingin tahu kenapa?

Laut berbatasan dengan atmosfer yang selalu bergerak atau yang dikenal sebagai angin. Angin akan bergesekan dengan laut, dan mengangkat air laut ke atas, tetapi gaya gravitasi bumi akan menariknya ke bawah, sehingga menimbulkan gerak turun-naik. Gerak turun-naik ini merupakan getaran yang merupakan sumber gelombang dan akan dirambatkan menjadi gelombang atau ombak.

Percobaan sederhana untuk menunjukkan adanya ombak dapat dilakukan dengan meniup permukaan piring yang berisi air. Air dalam piring akan berlaku sebagai air laut dan tiupanmu akan berlaku sebagai angin. Gejala seperti yang diceritakan di atas akan berlaku dan kamu akan melihat gelombang atau ombak. Kalau penasaran, coba lakukan dan amati apa yang terjadi.

Ombak juga bisa terjadi karena laut ditarik oleh Bulan; dan karena Bulan bergerak mengelilingi Bumi, maka air laut akan terseret oleh gaya tarik Bulan dan gejala ini juga menimbulkan gelombang (ombak) pasang-surut.

Sumber gambar: http://restatimur.blogspot.com

2 thoughts on “Mengapa Air Laut Selalu Berombak?

Tulis komentar