Mengapa Ada Cinta? -VII

Oleh: Nukman Luthfie* (Pendiri “Musikkamu.com” dan Pengelola “Sudutpandang.com)

Tahukah kamu, apa wajah terindah di Bumi? Bagi seorang ayah, adalah wajah istrinya saat melahirkan anak-anaknya. Wajah sang ibu mendadak cerah bagai bersinar, tatkala ia melihat sang bayi keluar dari rahimnya. Meski hanya sekejap, itulah pancaran cinta ibu kepada anak yang tak terlukiskan dengan kata-kata.

Seandainya saat lahir ke dunia, mata bayi sudah berfungsi penuh, maka wajah terindah pertama yang dilihat bayi adalah wajah ibunya yang penuh dengan pancaran cinta.

Saat kita tumbuh, ada cinta-cinta lain. Cinta ayah kepada anak. Cinta anak kepada ibu, ayah, dan saudara-saudaranya. Cinta kepada sesama manusia. Cinta kepada binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Cinta membuat ibu dan ayah berbuat apa saja agar anaknya tumbuh dan berkembang lebih baik daripada dirinya. Meski ada orangtua yang tak sekolah, mereka ingin anaknya sekolah agar berpendidikan dan hidup lebih baik. Tak ada orangtua yang ingin anaknya menderita.

Chocolate love.

Di dalam tubuh manusia dewasa terdapat hormon cinta. Saat tertarik dengan lawan jenis, otak akan menghasilkan tiga senyawa cinta, yaitu: Phenylethylamine (PEA), Dopamine, dan Norepinephrine. Senyawa yang juga terdapat pada buah coklat inilah yang membuat kita merasa lebih senang.

Selain itu, saat jatuh cinta, tubuh juga memproduksi senyawa Endorpin, yang membuat jantung berdebar-debar saat si dia berada di samping kita.

Namun, yang tak kalah penting, otak juga memproduksi senyawa Oxytocin yang membuat mereka yang sedang jatuh cinta untuk menjadi lebih rukun dan mesra dengan pasangannya. Senyawa inilah yang membuat seseorang ingin memberikan apapun yang terbaik untuk pasangannya.

Manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan akan terus berkembang biak, beranak-pinak. Namun, dengan hormon-hormon cinta yang diproduksi otak saat jatuh cinta, manusia bukan hanya berkembang biak, tetapi juga melahirkan generasi baru yang lebih baik.

Cinta itu ada untuk membuat segalanya menjadi lebih baik.

Sumber gambar: http://www.colourbox.com

*Nukman Luthfie adalah seorang Sarjana Teknik Nuklir lulusan Universitas Gadjah Mada yang dalam perjalanan kariernya memilih dunia digital. Ia pernah menjadi Direktur Marketing Detik.com, dan kemudian membangun PortalHR.com dan Musikkamu.com. Aktif di media sosial dan blog Sudutpandang.com.

Tulis komentar