Mengapa Manusia Butuh Tidur?

Oleh: Puti Rita Liswari (Dokter dan Ahli Ilmu Pengobatan)

Apa saja harus kita lakukan saat mengantuk? Salah satu jawabannya pasti tidur. Yap, tidur merupakan hal yang hampir selalu kita lakukan di malam hari. Normalnya, jika dihitung-hitung kurang lebih seperempat hidup manusia akan dipergunakan untuk tidur. Sebenarnya apa sih yang membuat kita harus tidur?

Setelah bekerja keras sehari penuh, tubuh kita butuh istirahat. Salah satu bentuk istirahat paling efektif adalah tidur. Organ-organ dalam tubuh kita seperti jantung, paru-paru, dan ginjal juga akan beristirahat ketika kita tidur. Bayangkan, kalau kamu dipaksa bekerja sehari penuh kamu akan lelah ‘kan? Organ tubuh kamu juga begitu, mereka butuh istirahat! Tapi beristirahat di sini bukan berarti berhenti bekerja lho. Jika diibaratkan ketika kita bangun organ berlari, maka ketika tidur organ kita akan berjalan kaki.

sleeping child-01

Selain untuk beristirahat, di malam hari berbagai macam hormon juga akan aktif. Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan bagian tertentu dalam tubuh (biasanya hormon dihasilkan oleh organ, sel, atau kelenjar) untuk memberi perintah kepada bagian lain. Dengan kata lain, hormon adalah “pak pos” yang mengantarkan pesan dan perintah antara sel satu dengan yang lainnya.

Salah satu hormon yang aktif ketika kita tidur adalah hormon pertumbuhan. Jadi, ketika adik-adik tidur, tubuh kamu akan mengirim pesan ke sel kamu untuk tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, dengan cukup tidur, kamu bisa bertambah tinggi dan besar.

Lalu, kenapa ada orang yang tidurnya lama dan sebentar? Normalnya, orang dewasa butuh tidur antara 6 hingga 8 jam sehari. Memang ada beberapa orang yang merasa cukup dengan hanya tidur selama 2 sampai 4 jam sehari. Sebenarnya hal ini bisa saja, tetapi lama-kelamaan tubuh akan lelah.

Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan kamu merasa lelah, mengantuk, kurang berkonsentrasi, cepat marah, dan memicu berbagai penyakit. Tetapi, terlalu banyak tidur juga tidak baik lho. Kamu bisa menjadi cepat lupa, rentan terkena penyakit jantung, pegal-pegal, dan kegemukan. Jadi, tidur secukupnya saja ya! (*GAW)

Ilustrator: Juliana Tjitra

Tulis komentar