Dari Mana Stasiun TV Mendapatkan Uang?

Oleh: Evan A. Hanif* (Sarjana Matematika; Market & Pricing Analyst)

Hallo Askar, Kak Evan ingin menjawab pertanyaan Askar nih. Sebenarnya, seperti halnya perusahaan, stasiun TV — khususnya TV swasta — mendapatkan uang dari berjualan loh. Bedanya, barang yang dijual oleh stasiun TV tidak seperti barang-barang yang dapat Askar lihat di supermarket atau toko-toko lainnya. Di stasiun TV, yang dijual ialah “hak menayangkan iklan” pada suatu program yang disiarkan oleh stasiun TV tersebut.

iklanTV

Agar lebih mudah, yuk simak contoh berikut.

Misalkan Askar mempunyai barang yang ingin dijual, sebutlah “Kacang Bogor Askar”. Agar kacang tersebut laku, Askar memutuskan untuk memasang iklan di stasiun TV yang Kak Evan punya, misalkan namanya TVE.

Sementara itu, program-program yang disiarkan di TVE bermacam macam, mulai dari animasi, informasi, serial, film, dan lainnya. Pihak stasiun TV punya daftar harga untuk memasang satu spot iklan pada program-program tersebut, yang disebut sebagai ratecard (Askar bisa menganggap ratecard seperti daftar menu yang ada di restoran-restoran).

Umumnya, harga yang tercantum pada ratecard adalah harga satu spot iklan yang berdurasi 30 detik. Tetapi tentu saja Askar dapat memilih memasang iklan yang berdurasi lebih pendek atau lebih panjang, dengan harga yang disesuaikan.

Selanjutnya, berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, akan diputuskan berapa banyak spot yang Askar beli, pada program apa saja spot iklan tersebut akan ditayangkan, kapan spot iklan tersebut akan ditayangkan, dan jumlah uang yang harus Askar bayarkan ke TVE untuk penayangan spot iklan tersebut.

Nah, dari iklan itulah TVE mendapatkan uang. Begitulah cara stasiun TV swasta mendapatkan sebagian besar keuntungannya.

Oh ya, berbeda dengan stasiun-stasiun TV swasta, TVRI mendapatkan uangnya dari Pemerintah loh.

Sumber gambar: http://archive.indianexpress.com

*Evan A. Hanif mendapatkan gelar Sarjana Matematika dari FMIPA-ITB pada tahun 2015. Saat ini ia bekerja sebagai Market & Pricing Analyst di salah satu stasiun TV swasta nasional.

 

Tulis komentar