Bilangan Apa yang Paling Penting dalam Matematika?

Oleh: Hendra Gunawan* (Matematikawan)

Bilangan apa ya yang paling penting dalam matematika? Hmm.. saya balik bertanya, bilangan apa sajakah yang telah Adik-adik kenal?

Dalam matematika, ada bilangan asli 1, 2, 3, 4, 5, … , yang penting untuk menyatakan banyaknya benda. Di antara bilangan asli, ada bilangan prima yang mempunyai sifat menarik dan mempunyai aplikasi penting dalam kehidupan sehari-hari. Bilangan asli dengan bilangan 0 dan bilangan negatif -1, -2, -3, …, membentuk sistem bilangan bulat, yang memenuhi sifat-sifat penting dalam matematika terkait dengan operasi penjumlahan dan pengurangan.

number-tree

Dari dua bilangan bulat, kita dapat memperoleh sebuah bilangan pecahan, yang dalam matematika dikenal sebagai bilangan rasional. Sebagai contoh, bilangan 1/2 dan 3/10 merupakan dua bilangan rasional. Bilangan pecahan atau bilangan rasional sering dipakai untuk menyatakan ‘porsi’ suatu benda, misalnya 1/2 liter susu atau 3/10 meter pipa.

Nah, bila kita kemudian bertanya berapa panjang diagonal suatu persegi atau berapa keliling sebuah lingkaran, jawabannya tentu adalah sebuah bilangan. Tetapi, bilangan apa? Kemungkinan besar, bilangan tersebut bukan bilangan rasional. Bilangan seperti √2 (baca: akar 2) merupakan contoh bilangan yang bukan merupakan bilangan rasional. Bila kita mempunyai sebuah persegi yang panjang sisinya sama dengan 1 meter, maka panjang diagonal persegi tersebut sama dengan √2 meter. Bilangan ini termasuk bilangan irasional.

Bilangan rasional dan bilangan irasional merupakan bilangan real, yang membentuk suatu sistem bilangan penting dalam matematika. Bila dilanjutkan ceritanya, Adik-Adik akan ‘bertemu’ dengan bilangan kompleks, yang berperan penting antara lain dalam ilmu fisika dan teknik elektro.

Jadi, semua bilangan penting dan mempunyai tempatnya sendiri dalam matematika. Adik-Adik akan ‘berkenalan’ lebih jauh dengan berbagai bilangan tersebut dalam mata pelajaran matematika, dari SD hingga di perguruan tinggi nanti.

Sumber gambar: http://www.originsedu.cn

*Hendra Gunawan adalah dosen matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung, sejak 1988. Pada tahun 2013, ia menggagas blog anakbertanya.com dan sejak itu mengelola blog tersebut yang menerbitkan jawaban para pakar atas berbagai pertanyaan anak-anak.

Tulis komentar