Berapa Gaji Presiden RI?

Oleh: Andi Kustanto* (Research Analyst)

Wah, pertanyaan bagus sekali ini, yang menunjukkan rasa ingin tahu Adik-adik tentang gaji Presiden RI. Sepertinya yang bertanya punya cita-cita ingin menjadi Presiden ya?

Jika benar begitu, sungguh cita-cita yang mulia. Dari cita-cita, akan menjadi semangat positif untuk terus belajar dengan giat, jujur, dan mempunyai nilai nasionalisme yang menjadikan Adik-adik bermanfaat untuk merawat bangsa ini di masa yang akan datang. Tetap kejar cita-citamu ya, Adik-adik. Dan ingat selalu Bapak Bangsa kita Ir. Soekarno (Presiden RI Pertama) pernah berkata: “Bercita-citalah setinggi langit, karena jika kamu terjatuh maka kamu akan terjatuh di antara bintang-bintang.”

Nah, untuk menambah pengetahuan Adik-adik, Kakak akan coba jawab pertanyaan menarik di atas. Dalam UU No 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administrasi Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Pasal 2 Ayat (1), dinyatakan bahwa gaji Presiden adalah 6 x (enam kali) gaji pokok tertinggi Pejabat Negara Republik Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden.

Lalu berapa gaji Presiden RI? Gaji pokok per bulannya adalah Rp30.240.000. Selain itu, Presiden RI mendapat tunjangan jabatan Rp32.500.000 per bulan.

Gaji Presiden RI jauh lebih kecil dibandingkan dengan gaji Gubernur Bank Indonesia yaitu Rp194.000.000 per bulan. Mengapa bisa begitu? Alasannya adalah dengan gaji yang tinggi, Gubernur Bank Indonesia bisa lebih tenang dan tidak terganggu risiko moral. Hal itu sudah menjadi patokan saat pemerintahan Presiden BJ Habibie (Presiden RI Ketiga) yang tak bisa diturunkan karena akan menimbulkan dampak psikologis. Bank Indonesia adalah lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pemerintah, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur oleh undangundang.

Meskipun gaji Presiden RI lebih kecil dari gaji Gubernur Bank Indonesia, gaji Presiden RI merupakan yang terbesar ke-11 di Asia. Sementara itu Perdana Menteri Singapura merupakan kepala negara atau pemerintah dengan gaji terbesar bukan hanya di Asia tetapi juga di dunia, dengan total gaji Rp22 miliar per tahun.

Di luar gaji pokok dan tunjangan, Presiden RI memiliki dana taktis hingga Rp2 miliar per bulan. Dana taktis ini yang mungkin dipakai Presiden Joko Widodo untuk bagi-bagi sepeda dan buku saat kunjungan ke daerah-daerah di Indonesia ketika bertemu dengan masyarakat, serta digunakan untuk menangani kegiatan yang sifatnya mendesak sekali pelaksanaannya dan dilakukan hanya pada kesempatan tertentu.

Terlepas dari semua itu, seorang Presiden tidak perlu memikirkan makan dan minum setiap hari. Semuanya sudah disiapkan sesuai prosedur tetap, konsumsi Presiden dicek standar keamanan dan kesehatannya. Semua biaya di atas ditanggung oleh negara.

Semoga jawaban di atas bisa memuaskan rasa penasaran Adik-adik tentang gaji Presiden RI.

Sumber gambar: https://id.wikipedia.org

*Andi Kustanto adalah Research Analyst A.T. Kearney. Bidang yang diminati adalah Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Industri, Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, serta Kebijakan Publik dan Pembangunan. Ia dapat dihubungi melalui akun LinkedIn di sini.

 

Tulis komentar