Bagaimana Rasanya Naik Pesawat Terbang?

Oleh: Djoko Sardjadi (Pakar Teknik Penerbangan)

Hi kids! Bagaimana rasanya naik pesawat terbang? Apakah kamu pernah naik kereta api? Ketika naik kereta api, kadang kita hanya mendengar suara angin yang kemrosok, di jalan yang lurus dan rata, tidak terasa ada goncangan ke kiri ke kanan, bahkan kalian bisa berlari-lari dan bermain tanpa takut jatuh. Itu beda sekali dengan ketika kita naik mobil, mau minum saja sulit, bisa tumpah karena mobil bergoyang dan kadang mengerem lalu bergerak lagi, yang membuat kita terjungkal atau terjengkang.

Nah, naik pesawat terbang itu lebih nyaman lagi daripada naik kereta api. Tetapi, kadang-kadang pesawat terbang harus menembus awan. Pada saat itu rasanya seperti naik mobil dan tiba-tiba jalannya tidak rata, banyak kerikil dan lubang-lubang kecil, sehingga kamu harus duduk lebih rapat ke kursi dan mengencangkan sabuk pengaman.

Ada lagi saat yang tidak menyenangkan yaitu ketika pesawat terbang harus menembus lintasan yang berangin kacau, yaitu angin yang berganti-ganti arah. Wah, bisa jadi penumpang yang lupa tidak memakai sabuk pengaman terlepas dari kursi dan membentur atap ruang duduk. Peristiwa seperti itu memang jarang terjadi, namun penumpang pesawat terbang harus bersikap waspada, yaitu dengan selalu memakai sabuk pengaman.

Namun, karena kecerdasan manusia, pesawat terbang jaman sekarang dilengkapi dengan sensor yang dapat mengetahui apa saja yang ada di dalam lintasan yang akan dilewatinya agar pilot dan seluruh penumpang lebih siap. Pesawat terbang moderen juga dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mengendalikan dirinya sendiri agar pesawat dapat terbang aman. Penumpangnya pun merasa nyaman, bisa makan dan minum dengan tenang, pergi ke toilet (bila ingin buang air), nonton film, atau tidur sepanjang penerbangan.

Wahai anak-anak, Indonesia memerlukan anak-anak yang gigih lho karena kita harus dapat membuat pesawat terbang yang buanyaaaaaak sekali. Mau ke mana saja di bumi Indonesia yang luas ini harus mudah, oke? Salaaaaammm!

Sumber gambar: http://www.bismania.com

Tulis komentar