Bagaimana Proses Mata Kita Mengeluarkan Air Mata?

Oleh: Diryati Widyantari* (Sarjana Kedokteran)

Dik Raihanah pasti pernah menangis ya? Air mata rasanya keluar gak ada habisnya, begitukah? Kalau Adik dan teman-teman ingin tahu bagaimana air mata bisa keluar dari mata, sekarang Kakak coba jelaskan dulu ya bagian dan fungsi mata.

Mata adalah indera penglihatan manusia yang sangat penting. Dengan mata, kita bisa melihat dunia beserta warna-warninya. Kita bisa dengan mudah menjelajahi dunia berkat bantuan mata kita. Karena fungsinya yang penting ini, mata memiliki beberapa proses untuk melindunginya supaya bisa bekerja dengan baik. Kita bisa berkedip, menutup mata, dan juga mengeluarkan air mata.

Dalam bahasa ilmiah, proses mengeluarkan air mata disebut proses lakrimasi. Air mata bisa keluar saat kita mengantuk, bisa juga saat kita sangat sedih sampai menangis!

Fungsi air mata ada banyak loh, di antaranya menjaga mata dari bakteri, membantu kelopak mata bergerak di bola mata, dan membersihkan kotoran yang menempel di bola mata.

Bagian mata ada banyak, seperti kornea, retina, iris, dan sebagainya. Tetapi yang Kakak jelaskan hanya bagian yang berfungsi dalam proses lakrimasi ya.

anatomi_lakrimasi

Air mata dihasilkan di kelenjar air mata (lacrimal gland), letaknya di ujung luar atas mata di daerah pelipis. Setiap mata punya kelenjar masing-masing. Lalu, air mata akan keluar ke konjungtiva (bagian merah yang ada di balik kelopak mata) dan membasahi seluruh bola mata saat berkedip. Sebagian air mata ada yang keluar menetes seperti yang kita lihat saat orang menangis, namun ada sebagian lagi yang masuk ke lubang kecil (punctum lakrimale) di ujung atas dan bawah mata dekat hidung. Lubang itu akan menyalurkan air mata ke dalam hidung lewat lacrimal canaliculus. Ini sebabnya saat kita menangis, rasanya seperti saat sakit pilek karena hidung kita dipenuhi oleh air mata dan ingus.

Bagaimana Dik Raihanah dan teman-teman, sudah terbayang bagaimana caranya air mata keluar? Jangan pernah malu ya untuk menangis, karena air mata dibutuhkan untuk membersihkan mata kita. 🙂

Sumber gambar: TD

*Diryati Widyantari adalah seorang dokter muda, lulusan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung, yang saat ini sedang menjalani rotasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Di sela-sela rutinitasnya, ia menyempatkan diri untuk jalan-jalan dan menulis artikel ringan. Ia memiliki impian untuk membuat buku artikel kesehatan yang mudah dimengerti oleh siapapun.

3 thoughts on “Bagaimana Proses Mata Kita Mengeluarkan Air Mata?

  1. Penjelasan yg bgs, tp boleh ngk ada 2 penjelasan? Misalnya yg 1 penjelasannya lbh ringan sehingga mudah d mengerti oleh org awam dan tdk pendidikan. Jd ga bingung. Tks

Tulis komentar