Bagaimana Listrik Dibangkitkan?

Oleh: Philips N. Gunawidjaja* (Fisikawan)

Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang sangat penting karena manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktivitas dalam kehidupan modern, seperti menggunakan mesin cuci, menyalakan lampu dan microwave, menonton TV dan mendengarkan radio, memerlukan listrik. Tanpa listrik, kehidupan manusia belum tentu semudah saat ini.

M Faraday

Gambar 1. Michael Faraday [Sumber: Wikipedia]

Terciptanya listrik merupakan jasa dari seorang ilmuwan yang bernama Michael Faraday. Pada tahun 1831, Faraday melakukan sebuah eksperimen dan menemukan bahwa perubahan medan magnet dapat mengakibatkan perubahan arus listrik. Penemuan ini sangat berharga karena melalui penemuan tersebut dapat tercipta sebuah generator listrik yang mampu mengantarkan tenaga untuk industri. Generator listrik tersebut bernama dinamo.

dinamo

Gambar 2. Rangkaian percobaan Faraday [Sumber: Wikipedia]

Generator listrik adalah dinamo yang berukuran sangat besar, terdiri dari kumparan yang mengelilingi magnet. Magnet dalam generator dapat berputar karena gerakan turbin oleh uap air. Berputarnya magnet menimbulkan arus listrik. Tenaga listrik dari stasiun pembangkit disalurkan melalui kawat ke gardu listrik. Selanjutnya, dari gardu listrik ini, tenaga listrik disalurkan ke tempat-tempat yang berfungsi mendistribusikan arus listrik yang bisa kita nikmati di rumah.

generator-listrik

Gambar 3. Proses terciptanya listrik [Diadaptasi dari: Learn-Easy]

Demikianlah cerita bagaimana listrik dapat dibangkitkan oleh manusia. Semoga penjelasan ini dapat menambah pengetahuan dan memberi inspirasi bagi Adik-adik.

*Philips N. Gunawidjaja adalah seorang fisikawan yang menjadi dosen di Universitas Parahyangan, Bandung, sejak tahun 2005. Ia mendapatkan gelar doktor dalam bidang Fisika Zat Padat dari University of Warwick, Inggris, pada tahun 2004.

Tulis komentar