Bagaimana Komputer Bekerja?

Oleh: Perdana Rahardhan* (Mahasiswa Program Doktor Teknologi Informasi)

Adik-adik, tulisan ini sekaligus merupakan jawaban dari beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan komputer:

  1. Bagaimana cara komputer bekerja?
  2. Bagaimana game komputer bisa dimainkan dan karakternya bisa digerakkan oleh kita?
  3. Mengapa komputer bisa menyimpan data-data?

Jawaban ini akan melengkapi jawaban sebelumnya mengenai “Apakah manfaat komputer?” oleh Kak Taufik Edy Sutanto.

Komputer yang sering adik-adik lihat pada dasarnya terdiri dari empat bagian (lihat Gambar 1):

  1. Kotak CPU (Central Processing Unit). Kotak ini biasanya berbentuk persegi. Posisinya bisa berdiri atau tidur (lihat Gambar 1). Bagian ini adalah otak dari komputer. Isinya macam-macam, akan dijelaskan di bawah.
  2. Alat input. Adik-adik biasa menggunakan keyboard (papan kunci) untuk mengetik perintah dan tetikus (mouse) untuk meng-klik perintah di layar. Untuk main game, sebuah gamepad atau joystick juga bisa dihubungkan melalui lubang USB. Lubang ini bentuknya pipih, persegi, dan kecil.
  3. Alat keluaran (output device). Layar monitor adalah salah satunya. Alat ini bentuknya seperti televisi. Jenisnya ada yang tipis ada pula yang masih besar seperti televisi jaman dulu. Dengan Layar ini adik-adik bisa melihat perintah yang masuk dan hasil yang keluar (berupa gambar, angka, dan lain-lain). Selain layar monitor, printer atau pencetak juga adalah alat output. Alat ini digunakan untuk mencetak hasil proses dari komputer ke atas kertas. Adik-adik bisa menggunakan alat ini untuk mencetak gambar atau hitungan.
  4. Sistem operasi. Keempat perangkat di atas tidak akan dapat bekerja sama dengan baik tanpa adanya sistem operasi. Windows adalah salah satu saja sistem operasi untuk komputer, masih ada banyak yang lain.

pcprinter

Gambar 1. Satu set komputer personal dilengkapi printer (dari: http://www.dell.com)

Sekarang coba kita lihat isi dari Kotak CPU (lihat Gambar 2). Tapi membukanya harus dengan orang dewasa yang ahli ya. Bila dibuka, isinya macam-macam:

  1. Papan elektronik (lihat Gambar 3). Papan ini menyatukan beberapa komponen kecil. Semuanya ditanam (disolder) ke atas papan tersebut. Salah satu bagian penting adalah kepingan (chip) CPU. Bentuknya persegi dan ukurannya kecil, sebesar permen coklat. Walaupun kecil, chip CPU adalah mesin utama komputer. Ia menerima perintah dari keyboard atau mouse, memrosesnya, dan memunculkan hasilnya di layar monitor.
  2. Dalam memroses perintah, chip CPU tidak bekerja sendirian. Ada memori atau disebut RAM yang membantunya. Apa gunanya? RAM bisa diibaratkan sebuah meja, semua data atau perintah yang diolah oleh prosesor akan dikerjakan di atas meja tersebut. Jadi, makin besar memori, akan makin luas juga mejanya, sehingga prosesor bisa mengerjakan lebih banyak hal secara bersamaan. Kartu memori tertanam di atas papan elektronik.
    Setelah proses selesai dikerjakan, maka hasilnya dikirimkan ke kartu monitor atau sering disebut VGA card. Kartu ini juga tertancap di atas papan elektronik. Kalau adik-adik lihat lebih dekat, maka akan terlihat ada kabel yang keluar dari kartu ini, dan terhubung ke layar monitor.
  3. Hard disk (lihat Gambar 4). Komponen ini bisa diibaratkan sebagai laci penyimpan buku. Bentuknya persegi, sebesar dompet tetapi mampu menyimpan ribuan buku tebal, foto, musik, dan lain-lain. Di dalamnyalah semua data-data tersimpan. Hard disk memiliki kabel di belakang badannya yang terhubung ke papan elektronik.

cpu

Gambar 2. Isi kotak CPU (dari: http://3dvision-blog.com)

 prosesor

Gambar 3. Papan elektronik, tempat chip CPU ditanamkan (lihat kotak kecil yang ada kipasnya) (dari: http://techfuels.com)

hddGambar 4. Hard disk, dipasang di dalam kotak CPU (dari: http://www.wdc.com)

Yang dijelaskan di atas adalah komputer meja (desktop computer atau personal computer). Ada banyak jenis komputer yang lain, ada laptop yang bisa dijinjing, atau papan tablet. Kalau adik-adik belanja ke supermarket, maka kalian akan melihat mesin hitung di kasir. Nah itu juga komputer. Semuanya adalah komputer hanya berbeda ukuran dan jenisnya.

Nah sudah jelas bukan, apa itu komputer. Adik-adik harus belajar lebih giat agar bisa memaksimalkan fungsi komputer di rumah, bukan hanya untuk bermain game. (/DEI)

*Perdana Rahardhan, yang akrab disapa Kak Perdana, adalah mahasiswa program doktor dalam bidang Teknologi Informasi di University of Sydney, Australia. Saat ini ia sedang menyelesaikan disertasinya. Kak Perdana bisa dihubungi melalui email: perdana@it.usyd.edu.au.

 

Tulis komentar