Bagaimana Caranya Mendapatkan Pendidikan Moral Selain yang Diajarkan di Sekolah Secara Teori? [G]

Oleh: Aldino Adry Baskoro* (Pendidik)

Intisari dari moral adalah mengajarkan pada kebaikan yang bersumber dari hati nurani manusia. Hati inilah yang merupakan salah satu hal yang membedakan antara manusia dan makhluk lainnya.

Selain di sekolah, tentu saja pendidikan moral ini bisa kita dapatkan dari orangtua kita sendiri. Ananda Rifqi tentunya pernah diajarkan oleh orangtua untuk mengucapkan terima kasih jika diberi sesuatu oleh orang lain. Atau jika kita ingin minta bantuan orang lain, tentunya orangtua Rifqi akan mengajarkan kata “tolong”.

Nah, ada satu lagi sumber pendidikan moral yang mungkin di beberapa tempat terlupakan atau tidak digali. Kita bisa belajar moral dari alam. Syaratnya satu, kita memiliki kegemaran melakukan pengamatan di alam. Bisa dimulai dari rumah sendiri, sekolah, sampai saat kita jalan-jalan ke suatu tempat wisata alam misalnya. Hasil pengamatan ini nantinya kita hubungkan dengan hati nurani kita sendiri atau bisa juga kita hubungkan dengan teori dari sekolah agar lebih mengena.

Bapak berikan contoh ya! Coba Rifqi cari segerombolan semut yang sedang menggotong makanan. Apa yang Rifqi lihat? Bukankah mereka bergotong-royong? Dengan mengerjakan sesuatu bersama-sama tentunya pekerjaan lebih cepat selesai.

Semut Bekerjasama

Sekarang coba Rifqi keluar rumah. Berdirilah di halaman rumah di pagi hari sambil memejamkan mata! Nah rasakan hangatnya sinar Matahari yang menyentuh kulit Rifqi? Sekarang coba buka mata dan lihat sekeliling Rifqi. Tumbuhan memanfaatkan sinar Matahari untuk memasak makanan. Hasil memasak makanan oleh tumbuhan ini oleh manusia diambil manfaatnya dalam bentuk buah, akar, maupun batang tumbuhan.

Nah, dari berbagai manfaat sinar Matahari ini, apakah Matahari minta bayaran kepada Rifqi atas manfaat yang diberikan sinar Matahari kepada Rifqi dan tanaman? Nah, kita dapat menarik pelajaran moralnya bahwa jika kita memberikan sesuatu sebaiknya harus ikhlas dan tidak mengharapkan apapun.

Selain dua contoh di atas, masih banyak lagi pendidikan moral yang bisa kita dapatkan dari alam. Bisakah Rifqi temukan pendidikan moral lainnya yang bisa kita dapatkan dari alam? Hayo, teman-teman lainnya boleh turut menjawab ya!

Sumber gambar: http://sains.me

*Aldino Tri Baskoro telah menjadi guru di Sekolah Alam Bandung selama 7 tahun, sejak 2007. Pada tahun 2013, ia pindah ke Padang dan melanjutkan karirnya sebagai pendidik di Sekolah Alam Minangkabau. Ia juga aktif di LangitSelatan dalam kegiatan yang bersifat hands on, misalnya membuat roket air.

Tulis komentar