Bagaimana Caranya Agar Kita Semua Menjaga Kebersihan Lingkungan?

Oleh: Armi Susandi (Pakar Lingkungan Hidup)

Adik-adik yang baik, tahukah kalian mengapa kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan? Tentunya kita sering mendengar slogan “kebersihan adalah sebagian dari iman” atau “kebersihan pangkal kesehatan”. Nah, mari kita bayangkan, kalau lingkungan sekitar kita kotor, berdebu, banyak sampah dimana-mana dan tercium bau tidak sedap, pasti adik-adik tidak akan merasa nyaman dan betah di lingkungan tersebut bukan?

Selain itu lingkungan yang kotor dapat menimbulkan penyakit seperti misalnya penyakit kulit, diare, penyakit pernafasan dan penyakit lainnya. Tentunya kalau terkena penyakit, adik-adik jadi tidak bisa bermain dan belajar. Karena itu kita semua harus menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih dan sehat.

Lalu tahukah adik-adik bagaimana caranya agar adik-adik dapat menjaga lingkungan sekitar? Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan seperti misalnya:

1. Mulailah menjaga lingkungan dari diri sendiri. Biasakan pakaian dan tubuh adik-adik selalu bersih dan tidak kotor. Apabila sudah selesai bermain segeralah mencuci tangan dan kaki.

2. Berikan contoh kepada adik yang lebih muda atau teman-teman untuk selalu menjaga lingkungan, misalnya membuang sampah selalu pada tempatnya, dan tidak lupa mencuci tangan sehabis bermain atau sebelum makan.

3. Selalu membersihkan kamar tidur, ruang bermain maupun ruang kelas secara rutin.

4. Ikut aktif dalam acara kerja bakti atau bersih-bersih di sekolah ataupun di lingkungan rumah, dan ajaklah teman-teman untuk ikut dalam acara ini.

5. Kreatif membuat kerajinan tangan yang bahannya berasal dari benda-benda yang sudah tidak terpakai atau daur ulang.

6. Mulai menanam pohon di halaman atau di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Dengan disiplin melakukan cara-cara tersebut, adik-adik akan selalu terhindar dari penyakit dan lingkungan sekitar kita menjadi bersih, nyaman dan sehat.

Sumber gambar: http://www.anneahira.com

Tulis komentar