Bagaimana Caranya Membuat Web?

Oleh: Teguh Nugraha* (Web Developer & Software Engineer)

Sebelum Kakak jelaskan caranya, kita bahas dulu apa itu halaman web, website, dan World Wide Web (WWW) ya! Saat kamu membaca tulisan ini, coba bayangkan kamu sedang membaca buku. Saat membaca buku, kamu membuka suatu halaman yang ada tulisannya, kan? Nah, tulisan yang sekarang kamu baca ini juga ada di halaman yang disebut halaman web.

Semua halaman web yang dikumpulkan dalam suatu nama/alamat seperti anakbertanya.com ini disebut website. Website satu dan website lainnya terhubung oleh tautan (link) yang biasanya kita klik. Semua website yang saling terhubung berada dalam suatu sistem yang bernama World Wide Web (WWW) dan seringkali disebut sebagai web.

Untuk membuat website, kita harus membuat halaman web-nya terlebih dahulu. Halaman web mengandung konten berupa tulisan, gambar, atau video. Sebelum ditampilkan di browser, konten tersebut ditulis dalam bentuk kode HTML (Hypertext Markup Languange). Kemudian file HTML dibaca oleh browser sehingga kontennya bisa ditampilkan di layar. Kalau mau belajar membuat halaman web, pelajari HTML dulu ya.

Halaman web ada dua macam, statis dan dinamis. Halaman web yang kontennya tidak bisa diubah oleh pengunjung disebut halaman web statis sedangkan yang kontennya bisa diubah disebut halaman web dinamis. Kebanyakan website saat ini berisi halaman web dinamis sehingga pengunjung bisa membuat kontennya sendiri. Untuk membuat halaman web dinamis, HTML tidaklah cukup. Kita perlu menggunakan database dan bahasa pemrograman. Database dan bahasa pemrograman yang bisa digunakan sangat banyak. Namun untuk pemula, cobalah pelajari database MySQL dan bahasa PHP.

Untuk membuat halaman web yang lebih keren, kamu bisa gunakan CSS (Cascading Style Sheet) dan JavaScript. CSS akan membuat halaman web kamu lebih indah dan rapi sedangkan JavaScript bisa membuat halaman web kamu lebih interaktif dan menarik. Namun sayangnya kita tidak bisa membahas semua itu di sini karena banyak sekali yang harus dipelajari.

Contoh kode HTML dan hasilnya. Dari w3schools.com

Contoh kode HTML dan hasilnya. Sumber: w3schools.com

Di mana sih kita bisa pelajari itu semua?

Sekarang ini sangat banyak fasilitas untuk belajar membuat web. Beberapa sekolah sekarang juga mengajarkannya. Kamu juga bisa mengambil kursus atau belajar sendiri lewat Internet. Salah satu website yang memberikan semua materi tersebut adalah w3schools.com.

Kalau kamu sudah bisa membuat halaman web di komputer kamu sendiri, bagaimana caranya supaya bisa diakses oleh semua orang? Untuk itu, kamu perlu menyimpannya di web hosting dan membeli alamat domain, misalnya namakamu.com. Kamu bisa mencari dan memilih web hosting melalui Google. Akan ada banyak sekali pilihannya, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk pertama kali, mungkin kamu bisa mencoba web hosting gratis seperti idhostinger.com. Namun, web hosting gratis pasti akan banyak kekurangan dan batasannya. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuat website yang bertahan lama, saya sarankan untuk menggunakan web hosting berbayar.

Untuk bisa menjadi pengembang web yang mahir, kamu harus terus mencoba dan belajar karena teknologi web berkembang dengan sangat pesat. Selamat belajar!

*Teguh Nugraha meraih gelar Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2013. Saat ini menjadi software engineer di CV Mobilus Interactive dan web master anakbertanya.com. Sebelumnya ia mengajar kursus Web Development di ComLabs USDI ITB.

Tulis komentar