Bagaimana Bisa Tumbuhan Mengandung Zat Berbeda-beda? [G]

Oleh: Slamet Hariono* (Guru)

Ada berbagai macam tumbuhan. Tumbuhan yang berbeda menghasilkan zat yang berbeda. Itulah sebabnya buah semangka berbeda dengan buah apel, walaupun sama-sama buah. Ada cabai yang rasanya pedas, ada jeruk yang rasanya masam. Zat yang berbeda ini dibuat oleh tanaman agar dapat hidup sesuai dengan lingkungannya dan menjaga agar tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup.

Apa kegunaan zat-zat ini? Bermacam-macam. Ada zat yang berfungsi sebagai cadangan makanan seperti yang ditemukan pada buah-buahan. Ada yang berfungsi sebagai pelindung dan memberi bentuk, misalnya pada kulit kayu. Ada juga yang berfungsi menangkap energi dari sinar Matahari; zat seperti ini biasanya ditemukan pada daun.

Nah, beberapa zat yang terdapat pada tumbuhan ternyata memiliki dampak baik pada manusia, oleh karena itu dijadikan sebagai obat-obatan, misalnya kulit pohon kina untuk obat malaria. Tetapi ada juga zat dari tumbuhan yang berbahaya bagi manusia karena bersifat racun, misalnya zat risin pada biji kasturi atau jarak pohon (Ricin communis).

pohon-kina

Pohon Kina

Sumber gambar: http://cybex.deptan.go.id

*Slamet Hariono adalah guru kimia di Stamford International School Bandung. Ia meraih gelar Sarjana Kimia dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004, dan sejak itu mengajar di berbagai sekolah national plus dan international di Indonesia.

One thought on “Bagaimana Bisa Tumbuhan Mengandung Zat Berbeda-beda? [G]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
Website