Apa Saja yang Dipelajari oleh Ahli Geologi? Apakah Ahli Geologi Belajar tentang Langit Juga?

Oleh: Wahyudi Adhiutomo* (Geolog)

Hi Annisa.. Tertarik dengan Geologi sepertinya ya? Berikut ini sedikit gambaran tentang Geologi supaya Annisa semakin tertarik.

Geologi adalah ilmu yang mempelajari Bumi, mulai dari komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukannya. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog (ahli geologi).

arti geologi

Banyak sekali ya yang dipelajari oleh geolog? Benar, Annisa. Geolog mempelajari banyak hal yang terkait dengan Bumi, karena itu terdapat banyak cabang geologi.

Ada mineralogi yang mempelajari mineral secara megaskopis dan menentukan nama mineral. Ada juga petrologi yang mempelajari batuan, mulai dari asal mula pembentukannya, klasifikasinya, tempat pembentukan dan pengendapannya, serta penyebarannya baik di dalam maupun di luar perut bumi.

Sering kita melihat bentang alam yang indah, di dalam geomorfologi kita mempelajari itu lengkap dengan proses-proses yang mempengaruhinya. Lapisan-lapisan batuan yang kita juga sering lihat dipelajari dalam stratigrafi. Lalu perubahan bentuk kerak bumi yg diakibatkan oleh gaya sehingga menghasilkan struktur tertentu seperti lipatan, patahan, kekar, dan sebagainya dipelajari dalam geologi struktur.

lapisan batuan

Sejarah Bumi, aspek kehidupan masa lampau berupa fosil baik makro ataupun mikro yang terekam oleh batuan, dipelajari dalam Paleontologi. Tidak cukup sampai di situ, ada geokimia yang mempelajari komposisi kimia Bumi.

paleontologi

Ada juga geologi terapan, yaitu penerapan geologi untuk kepentingan manusia pada bidang tertentu, seperti geologi batubara, geologi minyak dan gas bumi, hidrogeologi, dan banyak lagi.

Annisa sudah mulai mendapat gambaran kan apa saja yang dipelajari geolog? Lalu sekarang pertanyaan Annisa berikutnya, apakah geolog mempelajari langit? Geolog tidak mempelajari langit secara mendalam. Ahli meteorologi-lah yang mempelajari langit secara mendalam. Nah, bagaimana Annisa, semakin tertarik untuk belajar geologi?

Sumber gambar:

  1. http://belajargeologi.com
  2. http://geotripper.blogspot.co.id
  3. http://exploringtheearth.com

*Wahyudi Adhiutomo adalah seorang geolog yang suka menulis. Saat ini ia bekerja sebagai estimator sumber daya batubara di sebuah konsultan pertambangan.

Tulis komentar