Apa Bedanya Profesor dengan Ilmuwan?

Oleh: Noor Titan Putri Hartono* (Mahasiswa Program Doktor Bidang Teknik Mesin)

Profesor adalah sebuah jabatan akademik di universitas ataupun di lembaga penelitian. Kata ‘profesor’ berasal dari bahasa Latin, yang artinya seseorang yang diakui sebagai ahli (atau dalam bahasa Latinnya: ‘profess‘) dalam suatu bidang, baik itu dalam bidang sains, ilmu rekayasa, seni, ataupun ilmu sosial. Dilihat dari arti kata tersebut, profesor bisa dianggap sebagai guru tertinggi, dengan penguasaan ilmu yang sangat mendalam, dalam bidang tertentu.

Ilmuwan juga mirip dengan profesor, karena mereka juga meneliti suatu bidang spesifik dalam cabang ilmu tertentu. Kita bisa menyebut semua orang yang meneliti bidang tertentu sebagai ilmuwan (secara umum). Tetapi, hanya pengalaman dan jangka waktu panjang yang membuat seseorang benar-benar ahli dalam satu bidang, sehingga mereka diberi jabatan ‘Profesor’ oleh suatu institusi atau lembaga.

Kalau digambar dengan diagram Venn: profesor itu adalah himpunan bagian dari ilmuwan.

Ilustrasi: HG

*Noor Titan Putri Hartono adalah mahasiswi doktoral di Department of Mechanical Engineering, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, yang meneliti dan mengembangkan sel surya. Di waktu senggang, ia sering ngeblog di noortitan.wordpress.com.

Tulis komentar