Adakah Cara Lain untuk Mendapat Oksigen Selain dari Pohon?

Oleh: Slamet Hariono* (Guru)

Pertanyaan yang sangat bagus sekali. Hingga saat ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan oksigen, dan semua cara tersebut harus melalui reaksi kimia.

1. Dengan mengalirkan listrik ke dalam larutan garam encer dengan menggunakan isi pensil/grafit. Aliran listrik dari baterai akan mengakibatkan reaksi kimia di kedua isi pensil. Reaksi kimia tersebut dapat ditulis sebagai berikut.

2 H2O(l) → 2 H2(g) + O2(g)

elektrolisis

Oksigen akan terbentuk di permukaan isi pensil yang tersambung ke kutub positif baterai.

2. Dengan menguraikan hidrogen peroksida (H2O2). Hidrogen peroksida adalah zat yang biasa digunakan oleh dokter gigi untuk memutihkan gigi. Zat ini tidak stabil dan mudah terurai, sehingga harus disimpan dalam lemari pendingin dan dijauhkan dari sinar matahari.

H2O2(l) → 2 H2O + O2(g)

3. Melalui pemanasan garam nitrat seperti kalsium nitrat dan magnesium nitrat. Garam kalsium nitrat dan magnesium nitrat adalah garam mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Jika dipanaskan, kalsium nitrat akan terurai menjadi kalsium oksida, gas oksigen dan gas nitrogen dioksida.

2 Ca(NO3)2(s) → 2 CaO(s) + O2(g) + 4 NO2(g)

Jika diperhatikan secara lebih rinci, untuk cara yang pertama, bahan mudah diperoleh, namun membutuhkan energi listrik. Cara yang kedua tidak memerlukan energi, namun bahan agak sulit diperoleh. Sementara cara yang ketiga memerlukan energi panas dan bahan lebih sulit diperoleh.

Ketiga cara untuk membuat oksigen di atas lebih sulit dibandingkan dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon, energi dari sinar Matahari tersedia gratis, biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan baterai atau bahan bakar. Pohon, karbon dioksida, dan air pun juga lebih mudah didapat daripada memperoleh hidrogen peroksida atau kalsium nitrat.

Jadi, menurut Adik-adik, cara mana yang lebih baik untuk memperoleh oksigen?

Sumber gambar: http://gas-hho.blogspot.com

*Slamet Hariono adalah guru kimia di Stamford International School Bandung. Ia meraih gelar Sarjana Kimia dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004, dan sejak itu mengajar di berbagai sekolah national plus dan international di Indonesia.

2 thoughts on “Adakah Cara Lain untuk Mendapat Oksigen Selain dari Pohon?

  1. Terimakasih atas jawabanya pak Slamet hariono 🙂 sekarang saya jadi tahu cara lain untuk mendapatkan oksigen

Tulis komentar