Adakah “Bumi” Lain Selain Bumi yang Kita Tinggali?

Oleh: Avivah Yamani (AstronomPendiri “Langit Selatan)

Saat ini belum ada bumi lain selain Bumi yang kita tinggali. Bukan berarti tidak ada lho. Semenjak ratusan tahun lalu para ilmuwan selalu berpikir ada bumi lain dengan kehidupan di antariksa. Tapi untuk bisa menemukan sebuah planet yang sama seperti Bumi tidaklah mudah.

Para astronom berusaha mencari planet di sekitar bintang lain. Tapi baru pada tahun 1995, para astronom berhasil menemukan planet dekat bintang mirip Matahari. Planet yang ditemukan merupakan planet gas raksasa seperti Jupiter.

Tidak mudah lho menemukan planet di luar tata surya kita. Kalau kamu ke luar dan melihat langit, bintang akan tampak seperti titik terang di langit. Planet itu jauuuhhhhh lebih kecil dari bintang, jadi kalau bintangnya saja berupa titik, lalu planetnya sekecil apa ya?

Coba kamu berdiri pada jarak 1 km dari sebuah lampu yang terang benderang. Kalau ada nyamuk lewat, bisakah kamu melihatnya? Nah itu gambaran sulitnya menemukan planet di sekitar bintang lain. Apalagi kalau planetnya sekecil Bumi. Karena itu, untuk menemukan planet dekat bintang lain, para astronom meneliti goyangan bintang atau kapan bintang itu berkedip. Dengan cara ini para astronom bisa mengetahui apakah ada planet yang mengganggu gerak bintang atau melintasi bintang sehingga berkedip.

Meski sulit, para astronom berhasil menemukan planet-planet yang lebih kecil dari planet raksasa seperti Jupiter. Para astronom berhasil menemukan planet-planet seukuran Bumi atau yang massanya 10 kali lebih besar dari Bumi, yang disebut Bumi Super. Sejak Wahana Antariksa Kepler diluncurkan, para astronom berhasil pula menemukan planet yang lebih kecil dari planet Merkurius, selain yang seukuran Bumi.

Tapi itu baru ukurannya, belum unsur-unsurnya. Sangat tidak mudah mencari kehidupan di planet lain. Sampai saat ini, manusia hanya tahu bentuk kehidupan yang ada di Bumi. Karena itu, para ahli pun mencari kehidupan seperti di Bumi yang terdapat di planet lain.

Untuk itu, ada syarat yang harus dipenuhi. Karena di Bumi semua makhluk hidup butuh air, maka dicarilah planet yang ada airnya. Dan supaya ada airnya, si planet harus berada di lokasi yang tepat. Artinya ia harus berada di daerah yang hangat supaya airnya tidak menguap atau membeku. Jadi airnya harus tetap cair seperti lautan di Bumi. Area ini namanya zona laik huni. Area laik huni yang hangat dimiliki semua bintang. Letaknya tidak terlalu dekat atau tidak terlalu jauh dari bintang. Kalau terlalu dekat, air akan menguap dan kalau terlalu jauh air akan membeku.

Dari 891 planet yang telah ditemukan, 10 di antaranya berada di area laik huni, yang memungkinkan adanya lautan atau air dalam wujud cair dan bisa menjadi tempat yang cocok bagi kehidupan. Tapi, para astronom belum bisa memastikan apakah di planet-planet asing itu ada kehidupan seperti di Bumi. Karena, selain keberadaan air, para astronom juga masih harus meneliti unsur-unsur yang ada di planet-planet itu.

Pencarian kehidupan di bumi lain saat ini masih berupa upaya pencarian planet yang berada di area hangat bintang yang memungkinkan adanya air berwujud cair.

Sumber gambar: http://en.wikipedia.org

One thought on “Adakah “Bumi” Lain Selain Bumi yang Kita Tinggali?

  1. Baru dari segi air ya, padahal banyak banget syarat planet tuk bisa ditinggali.

Tulis komentar